HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)

Terakreditasi B. No.242/SK/BAN-PT/AK-X/M/II/2013

Visi:

Menjadi jurusan yang unggul dalam melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan bidang garapan Hukum Tata Negara (Hukum Pidana Islam dan Hukum Ketatanegaran Islam)

Misi : 

  1. Mengantarkan Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah) yang memiliki kemantapan akidah, keluhuran ahklak, kedalaman ilmu, keluasan akses dan jaringan, serta kematangan professional.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dan mudah diakses untuk pengembangan wawasan, pengetahuan, keterampilann dan profesi, di Bidang Hukum Tata Negara (Siyasah).
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian keilmuan syariah terutama di bidang Hukum Tata Negara (HTN) yang diambil dari sumber – sumber yang akurat dan memiliki relevansi dengan perkembangan peradaban.
  4. Menyelenggarakan pengabdian masyarkat berdasar hasil pembelajaran, Kajian Dan Penelitian, Di Bidang Ke-Syariah-An Khususnya Dalam Ranah Hukum Tata Negara (Siyasah) yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualiatas hidup berbangasa dan bernegara.
  5. Memperluas jaringan keilmuan dan kemitraan profesi di bidang Hukum Tata Negara (Siyasah) secara regional, nasional dan global.

Tujuan Jurusan
Sesuai dengan visi dan misi tersebut, maka tujuan dibukanya jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah) adalah:

  1. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang memiliki kemantapan akidah, keluhuran akhlak, kedalaman ilmu, keleluasaan akses dan jaringan, serta mematangkan professional.
  2. Menghasilkan prakatisi di bidang ilmu syariah, terutama Hukum Tata Negara (Siyasah) yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
  3. Menghasilkan manusia terpelajar yang bertauladan dan mampu menginspirasi masyarakat untuk membangun tatanan peradaban bangsa dan Negara Indonesia yang berkemajuan. 

Deskripsi KKNI, Profil, dan Kompetensi Utama Luaran Program Studi

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekaragaman budaya , pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

Profil Lulusan Jurusan Hukum Tata Negara

  1. Calon Hakim (Profil Utama)
  2. Advokat (tambahan)
  3. Peneliti Bidang Hukum Konstitusi (tambahan)