No Cover Jurnal / Buku Deskripsi Detil
1
Daftar Isi
al Qisthâs
7 No. 1 (januari-Juni) 2015

al Qisthâs diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
al Qisthâs menerima tulisan dalam bidang hukum dan politik dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Format penulisan harus sesuai dengan ketentuan berikut ini: spasi 1,5 Font 12 Times New Roman. Tulisan dilengkapi abstraksi, kata kunci, catatan referensi dengan footnote/endnote, dan daftar pustaka. Tulisan diserahkan kepada redaksi berbentuk soft copy (file/disket) dan hard copy (hasil cetak).
Apabila tulisan belum selesai dengan ketentuan di atas, akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki.

Detail
2
Daftar Isi
Buku TAKHRIJ HADITS
Buku

Ungkapan syukur tak terhingga penulis panjatkan kepada Allah swt, karena akhirnya buku ini bisa hadir dan diterbitkan di hadapan pembaca. Berkat rahmat Allah swt, buku ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan tentang hadits, khusunya Takhrij Hadits. Shalawat dan salam semoga senantiasa dipersembahkan untuk manusia pilihan nan agung, Muhammad saw.

Hadits merupakan sumber kedua setelah Al- Quran dalam syariat Islam. Kekuatannya sebagai hujjah telah disepakati oleh seluruh umat Islam dari generasi ke generasi. Karenanya, perhatian umat Islam dalam menjaga otentitas hadits harus benar-benar tercurah secara totalitas. Sistem verifikasi sanad dan kritik matan yang tertuang dalam seluruh literatur studi hadits merupakan bukti tak terbantahkan bahwa upaya yang dilakukan ulama Muslim dalam memproteksi orisinilitas hadits bukanlah sekedar retorika kosong.

Takhrij Hadits merupakan langkah awal dalam kegiatan penelitian hadits. Pada masa awal penelitian 

hadits telah dilakukan oleh para ulama terdahulu yang kemudian hasilnya telah dikodifikasikan dalam berbagai buku hadits. Mengetahui masalah takhrij dan metodenya adalah sesuatu yang sangat penting bagi orang yang mempelajari ilmu-ilmu syariat agar mampu melacak suatu hadits sampai pada sumbernya.

Kebutuhan takhrij dirasa sangat perlu sekali, karena orang yang mempelajari ilmu tidak akan dapat membuktikan (menguatkan) dengan suatu hadits atau tidak dapat meriwayatkannya, kecuali setelah ulama- ulama yang telah meriwayatkan hadits dalam kitabnya dengan dilengkapi sanadnya. Karena itu, masalah takhrij ini sangat dibutuhkan setiap orang yang membahas atau menekuni ilmu-ilmu syariat dan yang sehubungan dengannya. Semoga buku ini bermanfaat, terutama bagi mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi Islam. Kritik dan saran demi perbaikan buku ini sangat diharapkan. 

 

Detail
3
Daftar Isi
Buku Ushul Fiqih
Buku

Ungkapan syukur tak terhingga penulis panjatkan kepada Allah Swt., karena akhirnya buku ini bisa hadir dan diterbitkan di hadapan pembaca. Berkat rahmat Allah Swt., buku ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan tentang ushul fiqh yang merupakan metode hukum dalam menggali hukum Islam.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa ushul fiqh adalah ilmu yang paling penting dalam beristinbat hukum, seorang ahli hukum Islam tidak disebut sebagai ahli kalau ia tidak menguasai ilmu ini. Maka keberadaan ilmu ushul fiqh merupakan bagian penting dalam pengembangan ilmu hukum Islam.

Semoga buku ini bermanfaat, terutama bagi mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi Islam. Kritik dan saran demi perbaikan buku ini sangat diharapkan.

Serang, Februari 2015 Penulis

Dr. H. Ahmad Sanusi, M.A. Dr. Sohari, M.H., M.M. 

Detail